Kebaruan

Saya tengah berada di titik jenuh mengenai kuliah saya, sekaligus titik penyadaran, bahwa saya sudah ada di tingkat tiga dengan usia hampir menjadi 23 namun belum melakukan apa-apa yang selama ini menjadi cita-cita saya. Rasanya malu menulis hal seperti ini karena kuliah adalah hal yang saya idamkan sejak lama. Tapi namanya suntuk saya rasa bisa menyerang siapa saja, bahkan ketika kejenuhan itu bersumber dari hal yang kita sukai.

Salah satu teman saya beberapa waktu lalu berkata, “Capek kuliah.” Saya waktu itu hanya bisa tersenyum dan berpikir, sayangnya gue enggak (belum) capek kuliah. Karena sungguh, bagi saya kuliah adalah pencapaian terbesar saya akan salah satu mimpi saya. Saya tidak mungkin lelah karenanya.

Tapi semester ini rasanya terlalu melelahkan. Dengan beban sks yang sama seperti semester-semester sebelumnya, beban semester ini terasa 2x lipat. Mungkin ini karena saya sudah memasuki masa akhir perkuliahan, dimana pada semester 7 secara akademis sebenarnya telah diperbolehkan untuk mengambil skripsi. Dengan kata lain, semester 6 ini adalah puncaknya kesulitan kuliah. Sama seperti anak kelas 5 SD yang lebih susah pelajarannya ketimbang kelas 6 SD. Atau saya yang semakin tua. (lol)

Dan yang mendukung kejenuhan ini adalah kesadaran saya untuk mencapai sesuatu. Mimpi saya yang lain: menulis. Semester kemarin saya berhasil melaluinya dengan mudah karena saya bisa berdamai antara kuliah dan menulis. Tapi semester ini tarikan untuk menulis menjadi semakin kuat, memaksa saya melalaikan tugas-tugas kuliah saya. Ada hal-hal yang ingin saya kejar dalam kepenulisan, dan hal itu sangat terganggu oleh kuliah saya. Saya bisa saja memilih untuk rehat dari kuliah sementara ini, tapi di sisi lain saya juga terikat oleh kewajiban menyelesaikan kuliah tepat waktu bersama perangkat-perangkat lainnya yang menjadi tanggungjawab beasiswa saya.

Harus ada yang dikorbankan. Tapi saya tidak ingin mengorbankan menulis, setidaknya untuk sekali ini.

 

I really need a long, long holiday, and rent a room to huddled up, writing all day.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: